Bentuk-Bentuk dan Keuntungan Investasi Emas Pegadaian

Di era seperti sekarang ini, ada banyak sekali  orang yang mulai untuk belajar dan tergiur untuk berinvestasi. Ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa dipilih, salah satunya adalah emas. Emas adalah instrumen yang cocok untuk berbagai kelompok umur. Melansir dari berbagai sumber, investasi emas juga sudah sangat lumrah. Di sisi lain, harga emas yang setiap tahunnya sering naik membuat banyak orang memilihnya.

Berikut adalah bentuk-bentuk dan Keuntungan Investasi Emas Pegadaian:

Investasi Emas di Pegadaian

Pegadaian adalah BUMN Indonesia yang sebenarnya fokus pada layanan simpan pinjam dengan agunan atau barang sebagai agunan. Namun seiring dengan ekspansi bisnis, Pegadaian memberikan opsi investasi emas. Utamanya, ada tiga bentuk investasi emas di Pegadaian. Apa saja bentuknya?

Jual Beli Emas Batangan Fisik

Bentuk investasi emas yang pertama adalah jual beli emas fisik di Pegadaian. Nama layanannya adalah Mulia. Produk ini melayani penjualan emas batangan kepada masyarakat secara tunai maupun cicilan. Konsep investasi emas di Pegadaian sama saja dengan membeli emas di tempat lain.

Beli saat harganya rendah, dan bisa menjualnya saat harganya lebih tinggi. Jika Anda ingin membeli emas fisik di Pegadaian, Anda bisa datang ke gerai Pegadaian dengan membayar senilai emas yang ingin dibeli. Ukuran emas batangan yang ditawarkan berkisar dari 0,5 gram hingga 1 kg.

Menabung Emas

Pegadaian ini juga menawarkan opsi menabung emas. Layanan ‘Tabungan Emas’ yang diberikan oleh Pegadaian berupa penitipan saldo emas. Cara menabung emas di Pegadaian juga terbilang mudah yaitu hanya perlu membayar melalui gerai Pegadaian, ATM, atau agen Pegadaian. Transaksi isi ulang tabungan emas juga bisa dimulai dari berat emas 0,01 gram dan maksimal 100 gram per hari.

Saldo emas yang disimpan di Pegadaian dapat dijual kembali (buyback) dengan minimal jual kembali 1 gram dan maksimal 100 gram per hari. Transaksi buyback ini hanya dapat dilakukan di outlet Pegadaian atau aplikasi Pegadaian Digital. Namun perhatikan, saat menjual saldo emas Anda tetap harus menyisakan saldo emas minimal 0,1 gram agar rekening tabungan emas Anda tetap aktif.

READ ALSO  Alasan Kenapa Asuransi untuk Perjalanan ke Eropa Sangat Penting

Apa Saja Bentuk-Bentuk dan Keuntungan Investasi Emas Pegadaian?

Selain dijual kembali, Anda juga bisa menggadaikan saldo emas yang Anda miliki untuk mendapatkan uang Anda. Anda dapat menggadaikan tabungan emas melalui gerai Pegadaian atau aplikasi Pegadaian Digital. Jika Anda memiliki tabungan emas yang cukup di Pegadaian, Anda dapat mencetak emas fisik dalam waktu 15-45 hari kerja tergantung persediaan masing-masing outlet.

Pencetakan emas dalam bentuk fisik dapat berupa emas Antam, UBS, atau Galeri24 dengan ukuran keping mulai dari 1, 2, 5, 10, 25, 50 dan 100 gram. Cara terbaik untuk menabung emas di Pegadaian adalah Anda cukup datang ke outlet Pegadaian atau agen Pegadaian terdekat. Membawa fotokopi KTP atau paspor yang masih berlaku. Mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas.

Anda juga perlu membayar biaya pembukaan rekening sebesar Rp 10.000 dan biaya fasilitas deposit sebesar Rp 30.000 selama 12 bulan. Jika demikian, maka proses pembelian emas Anda juga dapat dilakukan dengan kelipatan 0,01 gram sesuai dengan harga emas pada saat memulai transaksi.

Jasa Titip Jual Konsinyasi Emas Pegadaian

Pegadaian juga menawarkan jasa titipan penjualan emas. Layanan ini cocok bagi Anda yang ingin langsung mendapat untung setelah membeli emas di Pegadaian. Melalui layanan ini, Anda bisa menitipkan emas batangan di Pegadaian untuk dijual kepada investor. Jika Anda menitipkan emas dalam jumlah tertentu di Pegadaian dan pada saat yang sama ada pembeli, maka emas Anda dapat dijual kepada pembeli pertama. Dari hasil transaksi ini, Anda bisa mendapatkan bagi hasil.

Aman dan Nyaman

Sebagai salah satu BUMN besar di Indonesia, PT Pegadaian memberikan jaminan keamanan dan hukum yang optimal. Pegadaian juga membackup seluruh simpanan emas nasabah dengan emas fisik, baik produk Antam, UBS, maupun Galeri24. Dengan kredibilitas yang telah dimilikinya, Pegadaian tentu berusaha memberikan jaminan keamanan bagi seluruh pelanggannya. Itulah ulasan tentang bentuk-bentuk dan Keuntungan Investasi Emas Pegadaian. Semoga bermanfaat untuk Anfa.