Pentingnya Asuransi Perjalanan Saat Bepergian

Tak hanya melek gaya hidup sehat, bepergian dengan proteksi menjadi tren kesadaran baru bagi masyarakat urban agar perjalanan menjadi lebih aman, tenang, dan nyaman. Di mana proteksi tersebut bisa didapatkan dari asuransi perjalanan, yakni jenis asuransi yang dapat memberikan ganti rugi semisal Anda mendapati risiko saat bepergian.

Bisa dibilang, asuransi ini lebih dari sekadar proteksi diri. Selengkapnya tentang manfaat yang Anda dengan mengikuti asuransi perjalanan sudah kami rangkum di bawah ini.

Jika nanti tertarik, tidak perlu bingung memilih mana yang terbaik karena kami juga sudah berikan petunjuknya di akhir ulasan.

Pentingnya Asuransi Perjalanan Saat Bepergian Kemanapun

Saat melakukan business trip atau sekadar jalan-jalan tentu akan lebih tenang jika Anda sudah terdaftar asuransi khusus perjalanan. Di mana dampak yang ditimbulkan dari hal-hal tidak menyenangkan dapat diminimalisir.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bagi Anda merencanakan asuransi sebagai perlindungan ekstra untuk rencana bepergian yang aman di masa depan.

Sebagai pertimbangan tambahan, beberapa hal berikut juga bisa menjadi alasan bagi Anda untuk mendaftar asuransi perjalanan.

Kompensasi Kehilangan Bagasi, Paspor hingga Masalah Delay

Ketika bepergian jauh dengan pesawat, kehilangan bagasi, paspor hingga masalah delay adalah ketidaknyamanan yang seringkali terjadi kepada penumpang.

Jika bagasi hilang atau rusak akibat kelalaian pihak maskapai, perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi sesuai dengan ketentuan polis yang disepakati. Begitupun penundaan penerbangan hingga kehilangan paspor akibat pencurian.

Antisipasi Kecelakaan di Jalan Sekaligus Medis dan Bantuan Darurat

Risiko lain yang ditanggung yaitu jika Anda mengalami kecelakaan. Perusahaan asuransi dapat mengurus keperluan darurat untuk mengevakuasi Anda ke rumah sakit terdekat. Biasanya ini sudah termasuk biaya rawat inap dan pengobatan lainnya.

Mengikuti kondisi pandemi, beberapa perusahaan juga telah menyediakan manfaat asuransi perjalanan Covid-19.

Perlindungan Rumah Selama Bepergian

Rutinitas tahunan bagi para perantau alias mudik kerap menjadi dilema bagi sebagian orang. Apalagi jika hunian yang ditinggalkan terisi banyak elektronik mahal. Bukan hal mustahil pencurian terjadi saat Anda dan keluarga meninggalkan rumah, apalagi dalam jangka waktu cukup lama.

Membangun Finansial yang Sehat

Dengan terdaftar asuransi perjalanan, Anda secara tidak langsung sudah mengatur keuangan dengan baik.

Bayangkan jika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan saat Anda di perjalanan. Misalnya saja kecelakaan. Jika tidak memiliki asuransi, sudah pasti Anda akan menggunakan dana simpanan.

READ ALSO  Tempat Wisata Favorit Tahun Baru di 7 Kota

Yang menjadi masalah adalah, Anda tidak tahu di mana kemungkinan kecelakaan akan terjadi. Antara rumah sakit satu dengan yang lain pun menerapkan tarif yang berbeda-beda. Bukan hal mustahil jika Anda mengeluarkan biaya cukup mahal hanya untuk pengobatannya saja, terlebih lagi jika melakukan perjalanan di luar negeri.

Niat awal menggunakan uang tersebut untuk bersenang-senang malah boncos akibat biaya tak terduga saat kecelakaan di perjalanan. Biasanya saat kondisi seperti itu, kita kerap salah mempertimbangkan langkah yang akan diambil. Cenderungnya mengambil proteksi dadakan dengan biaya yang justru lebih mahal.

Dengan terdaftar di asuransi, biaya tanggungan selama perjalanan sudah diatur sedemikian rupa oleh perusahaan. Dengan begitu, perencanaan keuangan Anda lebih disiplin.

Tidak Menyusahkan Keluarga Saat Mendapat Musibah di Tempat Jauh

Selain membangun finansial yang sehat, asuransi perjalanan dapat menyelamatkan keluarga. Bila terjadi hal yang tidak diinginkan pada Anda, keluarga tidak perlu ikut menanggung kerugian Anda. Semua sudah diurus sedemikian rupa. Keluarga jadi lebih tenang, terutama dari segi finansial.

Itulah mengapa, asuransi perjalanan bukanlah sekadar proteksi diri. Memang, sudah sepatutnya kita terdaftar asuransi, khususnya bagi Anda yang gemar bepergian, baik untuk urusan kantor hingga pribadi. Sehingga saat bepergian kemanapun lebih aman dan tidak menyusahkan orang lain.

Premi Lebih Terjangkau Dibandingkan Risiko Kerugian yang Mungkin Terjadi Kapanpun

Mencicil premi asuransi secara rutin jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan biaya darurat akibat terjadi hal tidak diinginkan dalam satu waktu.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, hal yang tidak diinginkan terjadi dalam perjalanan kerap membuat banyak orang salah langkah. Alhasil, demi keamanan dan kenyamanan, Anda rela merogoh uang dalam jumlah banyak.

Disadari atau tidak, hal tersebut berdampak langsung bagi kesehatan finansial. Lain halnya ketika Anda sudah terdaftar asuransi, langkah perlindungan diri terhadap hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama di perjalanan pun telah dipersiapkan dengan baik.

Nah, terkait besaran premi yang dibayarkan, nanti dapat diperkirakan dengan empat hal berikut:

  • Usia tertanggung
  • Periode perlindungan
  • Tujuan negara
  • Proteksi apa yang diinginkan

Mana Asuransi Perjalanan Terbaik?

Agar Anda mendapatkan manfaat maksimal dari asuransi selama perjalanan, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal.

1. Kenali Kebutuhan

Asuransi perjalanan terbagi menjadi beberapa kategori menyesuaikan kebutuhan. Jenis asuransi terbaik di Indonesia khusus perjalanan terbagi menjadi beberapa kategori.

  • Asuransi Perjalanan Domestik, yaitu asuransi perjalanan yang memberikan pertanggungan di wilayah Indonesia saja. Umumnya sudah mencakup tiket pesawat.
  • Asuransi Perjalanan Internasional, yaitu asuransi perjalanan yang memberikan pertanggungan di luar negeri. Salah satu yang terkenal adalah asuransi perjalanan Visa Schengen yang kerap diwajibkan bagi siapa pun yang ingin pergi ke Eropa. Selain itu, ada juga asuransi perjalanan Asia.

Itulah tadi beberapa jenis asuransi perjalanan mandiri yang bisa Anda pilih. Namun tak jarang, beberapa maskapai penerbangan menawarkan asuransi tambahan saat membeli tiket. Lantas, apa bedanya?

READ ALSO  Tempat Wisata Favorit Tahun Baru di 7 Kota

Asuransi Perjalanan Mandiri memungkinkan Anda leluasa memilih asuransi yang sesuai kebutuhan. Bagi Anda yang sering bepergian ke berbagai tujuan berbeda, lebih baik memilih menggunakan asuransi secara mandiri.

Sementara itu, Asuransi Perjalanan Maskapai lebih cocok bagi Anda yang berpergian ke wilayah yang tidak menimbulkan risiko tinggi. Pilihan ini dinilai lebih praktis karena sudah sekaligus dengan transaksi tiket pesawat.

Pastikan Anda memilih asuransi perjalanan yang sudah bekerja sama dengan maskapai penerbangan sehingga bisa langsung terintegrasi.

2. Jeli dengan Manfaat yang Diberikan

Setelah mengetahui kebutuhan asuransi perjalanan yang cocok bagi Anda, berikutnya jangan lupa untuk memperhatikan setiap manfaat yang ditanggung. Beberapa manfaat yang bisa didapat antara lain:

  • Biaya evakuasi medis
  • Biaya hukum
  • Biaya medis
  • Biaya perjalanan darurat
  • Kompensasi kehilangan bagasi
  • Kompensasi kehilangan paspor
  • Kompensasi kerusuhan
  • Kompensasi penundaan penerbangan
  • Pertanggungan tambahan
  • Santunan kematian dan disabilitas

Selain itu, periksa berapa biaya yang ditanggung untuk masing-masing manfaat tersebut.

3. Cari Prosedur Klaim yang Praktis

Sudah bukan rahasia bahwa beberapa perusahaan asuransi sulit diklaim. Namun, perusahaan asuransi perjalanan terbaik selalu meningkatkan pelayanan untuk mempermudah akses nasabah terhadap asuransinya.

Secara umum, untuk pengajuan memerlukan beberapa syarat berikut:

  • Fotokopi atau scan KTP
  • Mengisi formulir pengajuan asuransi
  • Fotokopi paspor khusus perjalanan luar negeri

Tidak hanya mempertimbangkan persyaratan, Anda juga perlu memastikan proses klaim tidak rumit. Pilih perusahaan asuransi perjalanan yang menyediakan layanan klaim secara online.

Setelah mempertimbangkan beberapa hal tadi, kamu akan mendapatkan asuransi perjalanan yang tepat.

Nah, untuk Anda yang gemar bepergian, sudah saatnya melengkapi diri dengan asuransi perjalanan. Kita tidak pernah tahu, kapan dan di mana hal buruk terjadi. Dengan proteksi ini, tidak hanya Anda yang terlindungi tetapi sekaligus finansial dan keluarga tercinta di rumah.