Cara Investasi Trading Emas dengan Baik dan Benar

Ketika masa ekonomi menjadi sulit atau konflik internasional seperti Perang Rusia-Ukraina membuat pasar terombang-ambing, investor sering beralih ke emas sebagai tempat berlindung yang aman. Dengan inflasi melonjak dan perdagangan pasar saham jauh di bawah level tertingginya, beberapa investor mencari tempat berlindung yang aman yang memiliki rekam jejak keuntungan yang terbukti, dan itu adalah emas.

Investor menyukai emas karena berbagai alasan. Mereka menganggap emas sebagai penyimpan nilai, meskipun itu adalah aset yang tidak menghasilkan arus kas. Beberapa melihat emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi, karena tindakan Fed untuk merangsang ekonomi seperti suku bunga mendekati nol dan pengeluaran pemerintah telah membuat inflasi melonjak lebih tinggi. Berikut adalah cara Investasi Trading Emas dengan baik dan benar yang perlu Anda ketahui sebelumnya:

Emas Batangan

Salah satu cara yang jauh lebih memuaskan secara emosional untuk memiliki emas adalah dengan membelinya dalam bentuk batangan ataupun koin. Anda akan puas melihat dan menyentuhnya, tetapi kepemilikan juga memiliki kekurangan yang serius. Salah satu kelemahan paling besar yaitu adalah kebutuhan untuk melindungi dan mengasuransikan emas fisik. Untuk mendapatkan keuntungan, pembeli emas fisik akan sepenuhnya bergantung pada kenaikan harga komoditas.

Hal yamg satu ini berbeda dengan pemilik bisnis (seperti perusahaan tambang emas), di mana perusahaan dapat menghasilkan lebih banyak emas sehingga menghasilkan lebih banyak keuntungan, mendorong investasi yang lebih tinggi dalam bisnis tersebut. Anda dapat membeli emas batangan dengan beberapa cara: melalui dealer online atau bahkan dealer atau kolektor lokal.

Pegadaian juga bisa menjual emas. Perhatikan harga spot emas dan harga saat ini per ons di pasar. Kemudian pada saat Anda membeli, sehingga Anda dapat membuat kesepakatan yang adil. Anda mungkin ingin memulai trading dalam bentuk batangan daripada koin, karena kemungkinan besar Anda akan membayar harga untuk nilai kolektor koin, bukan hanya kandungan emasnya saja.

READ ALSO  Cara Memilih Asuransi Perjalanan yang Tepat untuk Keluarga

Bagaimana Cara Investasi Trading Emas dengan Baik dan Benar?

Emas Berjangka

Emas berjangka adalah salah satu cara yang bagus untuk berspekulasi tentang kenaikan (atau penurunan) harga emas, dan Anda bahkan dapat menerima pengiriman emas secara fisik, jika Anda mau, meskipun pengiriman fisik bukanlah hal yang bisa memotivasi spekulan. Keuntungan paling terbesar dari berinvestasi emas adalah besarnya leverage yang dapat Anda gunakan dengan segera.

Dengan kata lain, Anda juga masih bisa memiliki banyak emas berjangka dengan jumlah uang yang relatif kecil. Jika emas berjangka mengarah ke arah yang menurut Anda pada hal yang seharusnya, maka Anda dapat menghasilkan banyak sekali uang dengan sangat cepat tanpa perlu repot-repot.

Saham Pertambangan

Cara lainnya untuk bisa memanfaatkan kenaikan harga emas yaitu adalah dengan memiliki bisnis pertambangan yang memproduksi barang tersebut. Ini mungkin merupakan alternatif terbaik bagi investor, karena mereka dapat memperoleh keuntungan dengan dua cara pada emas. Pertama, jika harga emas telah naik, maka keuntungan penambang juga akan naik. Kedua, penambang memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi dari waktu ke waktu, memberikan efek whammy ganda.

Risiko: Setiap kali Anda berinvestasi pada saham individual, Anda perlu memahami bisnisnya dengan cermat. Ada penambang yang sangat berisiko di luar sana dan Anda harus berhati-hati dalam memilih. Mungkin yang terbaik adalah menghindari penambang kecil dan mereka yang belum memiliki tambang penghasil. Seperti semua saham, saham pertambangan bersifat fluktuatif.

Mengapa Investor Menyukai Emas

Emas memiliki rekam jejak pengembalian rendah, likuiditas, dan korelasi yang terbukti, menjadikannya diversifikasi yang sangat efektif. Kualitas-kualitas ini sangat penting bagi investor:

  • Pengembalian: Emas telah mengungguli saham dan obligasi selama periode waktu tertentu, meskipun tidak selalu mengungguli mereka.
  • Likuiditas: Jika Anda membeli jenis aset berbasis emas tertentu, Anda dapat dengan mudah mengubahnya menjadi uang tunai.
  • Korelasi rendah: Emas sering tampil berbeda dari saham dan obligasi, artinya ketika naik, bisa turun atau sebaliknya. Selain itu, emas juga menawarkan beberapa keuntungan potensial lainnya:
READ ALSO  Bentuk-Bentuk dan Keuntungan Investasi Emas Pegadaian

Itulah ulasan tentang cara Investasi Trading Emas dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat.